SEJARAH BEKAM


سُئِلَ أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ عَنْ كَسْبِ الْحَجَّامِ فَقَالَ احْتَجَمَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَجَمَهُ أَبُو طَيْبَةَ فَأَمَرَ لَهُ بِصَاعَيْنِ مِنْ طَعَامٍ وَكَلَّمَ أَهْلَهُ فَوَضَعُوا عَنْهُ مِنْ خَرَاجِهِ وَقَالَ إِنَّ أَفْضَلَ مَا تَدَاوَيْتُمْ بِهِ الْحِجَامَةُ أَوْ هُوَ مِنْ أَمْثَلِ دَوَائِكُمْ
Anas bin Malik r.a ditanya mengenai Hijamah, beliau berkata : bahwa Sesungguhnya Rasulullah ber-bekam/hijamah dan memerintahkan keluarga beliau dan Rasulullah bersabda: Sebaik-baik pengobatan yang kalian lakukan adalah dengan Hijamah.Hadits dari Ibnu Abi Umar juga menyebutkan demikian (Shahih Muslim 1577)

      Mendengar Kata "BEKAM/HIJAMMAH" tentunya tak asing lagi bagi kita. Pengobatan tradisional yang mendunia ini, saat ini sedang sangat marak digandrungi semua orang didunia. contoh saja beberapa atlit dunia  Michael Phelps (Atlis Renang USA) Pemegang mendali Emas Olimpiade Rio 2016 beserta bebrapa rekan senegaranya Alex Naddour dan beberapa atlit dan artis terkenal didunia melakukan bekam untuk kesehatan maupun kebugaran tubuhnya. 
      Selain Praktis teraphy ini juga mudah dilakukan. namun, perlu kehati-hatian dalam pelaksanaannya dan menjaga sterilisasi peralatannya karena beberapa tindakan bekam yang dilakukan pada kasus tertentu sangat beresiko tinggi. jadi memang perlu seseorang yang ahli dalam melakukan tindakan bekam. minimal pernah mengikuti pelatihan bekam dilembaga kursus bekam dan pernah mengikuti ujian standarisasi bekam Persatuan Bekam Indonesia (PBI) diwilayah masing-masing. 
      Kata Bekam berasal dari bahasa melayu.beberapa istilah lainnya Arab: الحجامةal-hijamah, Kop atau Cantuk (Jawa), Tangkik atau Batangkik (Sumbawa), Blood Cupping/Blood Letting/ Cupping Theraphy/Cupping Therapuetic (Inggris), Pa Hou Kuan (Mandarin). Secara umum di indonesia dikenal dengan Bekam/Hijjamah
  "BEKAM/Hijjamah dilakukan dengan cara melakukan Pemvakuman (Penyedotan) dikulit dan pengeluaran darah darinya. Pengertian ini mencakup dua mekanisme pokok dari bekam, Yaitu proses pemvakuman kulit kemudian dilanjutkan dengan pengeluaran darah dari kulit yang telah divakum dengan cara scratch (Goresan) bisturi atau Puncture Lancet (tusukan jarum lanset)"

    Di era Tingkok Kuno hijjamah dikenal dengan "Perawatan Tanduk" karena tanduk menggantikan kaca yang sebelumnya sering digunakan. Pada kurun abad 18(abad ke-13 Hijriyah), di eropa orang-orang menggunakan Teraphy Lintah (Leech-Inggris) untuk berbekam. di arab dikenal dengan Al Alaaj Dudatul Alaq (العلاج بدودة العلق)  sedangkan di jepang teraphy lintah dikenal dengan  Hirudo Medicenalis/Hirudotheraphy yang sampai saat ini masih digunakan dan sedang marak di indonesia.


    Ge Hong Seorang Herbalis Tiongkok (281-341) dalam bukunya A Handbook Of Prescriptions For Emergencies membekam/mengeluarkan bisul dengan menggunakan tanduk hewan yang disebut "Jiaofa Technic". Dimasa Dinasti Tang berkuasa, Bekam digunakan untuk mengobati penyakit TBC Paru-paru. 
     Saat ini teraphy bekam sangatlah pesat kemajuannya dengan telah dimodifikasi secara sempurna dan sangat mudah digunakan sesuai kaidah-kaidah ilmiyah yang berlaku dengan menggunakan suatu alat yang praktis dan efektif. berdasarkan kutipan artikel Management of Urinary Tract Infection: historical perspective and current strategies:Part 1-before antibiotics oleh Curtis N,J(2005)
    Dalam Journal of Urology, 173 (1):21-26, January 2005, Menyebutkan Bahwa Textbook Kedokteran Ebers Papyrus yang ditulis pada tahun 1550 SM di Mesir kuno menyebutkan berkenaan masalah Bekam.
    Teraphy yang mirip dengan bekam yaitu Blood Letting yang dipopulerkan oleh Hippocrates (460-377 SM), Celsus (53 SM-7 M), Aulus Cornelius Galen (200-300 M) dengan membuang secara langsung dari pembuluh darah Vena untuk pengobatan pada zamannya. Dalam melakukan teknik blood letting, jumlah darah yang keluar cukuplah banyak sehingga tidak jarang pasien sampai pingsan. Pengobatan dengan technik ini sering digunakan orang Romawi, Yunani, Byzantium dan Itali oleh para rahib yang meyakini akan keberhasilan dan kasiatnya. Di dalam kitab Thibbun Nabawi teraphy ini dikenal dengan Fashdu...
 Semoga Bermanfaat
Wassalam



Disusun Oleh :
Muhammad Zaki Wardi
Dari berbagai sumber....

Related Post

Previous
Next Post »